[Review] Mindscape

Mindscape

Mindscape (2013)
Duration: 95 minutes
Casts: Taissa Farmiga, Mark Strong, Brian Cox
Screenplay by: Guy Holmes
Directed by: Jorge Dorado

Intisari: John Washington (Mark Strong) memiliki kemampuan yang luar biasa. Dia bisa memasuki memori orang lain untuk melihat sebuah peristiwa yang terjadi di masa lalu. Kemampuannya ini membuatnya masuk dalam jajaran pembaca memori di Mindscape, sebuah organisasi rahasia yang kerap membantu polisi dan agen FBI untuk memecahkan suatu kasus. Suatu hari John ditugaskan menangani sebuah kasus yang unik, yaitu memecahkan misteri yang terjadi pada Anna (Taissa Farmiga), seorang gadis remaja dari keluarga kaya raya yang mogok makan selama seminggu penuh. Tugas yang awalnya sederhana, yaitu membuat Anna mau makan kembali, berubah menjadi rumit ketika John masuk ke dalam kenangan-kenangan masa lalu Anna yang kelam. Benarkah Anna adalah korban dari sebuah trauma di masa lalu ataukah dia seorang psikopat seperti yang selama ini dituduhkan oleh ayah tirinya?

Anna 2

###

Cukup lama juga rasanya gue nggak nonton film psychological thriller yang bikin jantung dag-dig-dug nggak karuan. Biasanya yang gue harapkan dari nonton film bergenre ini adalah setidaknya ada korban yang tewas dan kepingan misteri yang sampai akhir film nggak ketahuan maksudnya apa. Biasanya film yang kayak begini akan sangat menarik dibahas karena menyisakan ruang di benak gue untuk menerka-nerka endingnya seperti apa atau kemungkinan sekuel film tersebut di masa depan.

Mindscape nggak menghadirkan puzzle seperti yang gue sebut di atas. Meski begitu harus gue akui bahwa film ini dijalin dengan begitu memikat sehingga sampai di akhir film pun gue mau nggak mau harus mengakui bahwa gue sudah tertipu. Tertipu oleh siapa? Hmm, gue nggak akan ngebahas siapa menipu siapa di ulasan ini karena nanti akan menghilangkan unsur kejutan di dalamnya. Jadi memang sebaiknya kalian tonton sendiri film garapan Jorge Dorado ini.

Dari segi cerita, film yang punya judul alternatif Anna tersebut memiliki plot yang memikat. Di saat gue masih mencoba mengerti jalan pikiran seorang mindscape, film ini sudah mengagetkan gue dengan keping misteri lainnya. Di saat gue berpikir bahwa situasi sudah aman terkendali, di saat itu pula kekacauan justru terjadi. Mindscape memang mampu membolak-balik simpati penonton yang awalnya mendukung salah satu karakter di paruh pertama film, hingga berubah 180 derajat mendukung karakter lainnya di paruh kedua.

Memang ada beberapa kekurangan dalam film ini, seperti beberapa figuran yang berseliweran di pertengahan film namun perannya kurang signifikan hingga credit title muncul sekalipun. Juga kepingan konflik domestik yang terjadi di rumah Anna tidak dijelaskan dengan detil, sehingga gue nggak merasakan adanya emosi atau simpati apapun terhadap karakter ibu dan ayah tiri Anna. Mereka hanya sekedar pelengkap cerita saja di rumah yang besarnya seperti istana itu.

Begitu juga dengan misteri di balik orang-orang bertalenta yang bekerja di Mindscape. Mengapa mereka bisa dipilih sebagai pembaca memori, keistimewaan apa yang mereka miliki sampai bisa mengemban pekerjaan yang unik dan berat itu? Ini hanyalah sebagian kecil dari beberapa pertanyaan yang nggak terjawab dalam film. Meski begitu, kekurangan dalam film ini secara keseluruhan tertutupi dengan baik oleh akting memikat Taissa Farmiga sebagai Anna dan Mark Strong sebagai John sang pembaca memori.

Anna 1

Film yang minim aktor memang menitikberatkan pada tokoh utama untuk melakoni karakter yang mengikat penonton. Dan untuk ini, Minsdcape patut mendapat pujian karena telah berhasil membuat gue nggak berpaling selama menonton.

Pujian lainnya gue alamatkan kepada penyelipan simbol bunga mawar yang dengan cerdas disematkan dalam film. Mawar merah adalah bunga yang sangat indah, namun durinya bisa melukai orang yang memegangnya. Di akhir film, Anna mengirimkan setangkai mawar merah tanpa duri pada John yang menyiratkan identitas dirinya pada saat itu. Simak baik-baik keseluruhan cerita untuk memahami betul simbolisasi mawar merah dan kaitannya dengan karakter Anna.

Mindscape adalah satu dari sedikit film thriller minim darah yang mampu membuat gue bergidik ngeri sekaligus kagum pada karakter utamanya. Film yang wajib ditonton bagi orang-orang yang suka misteri dan hobi menebak akhir cerita.

Anna 4

Anna 5

Quotes: I’m not a sociopath, just smart enough to think like one. (Anna)

Use Facebook to Comment

comments

2 Comments

  • chunsang June 30, 2015 at 4:46 pm

    Film yang bikin saya pusing dan bingung sendiri… hikkksss

    Reply
  • chunsang June 30, 2015 at 4:47 pm

    Salam kenal buat admin yach..

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: