[Review] Dracula Untold

Dracula_Untold_poster

Dracula Untold (2014)
Duration: 92 minutes
Casts: Luke Evans, Sarah Gadon, Dominic Cooper
Screenplay: Matt Sazama, Burk Sharpless
Based on: Dracula by Bram Stoker
Directed by: Gary Shore

Intisari: Vlad the Impaler dikenal sebagai pemimpin Transylvania yang gagah berani. Keberaniannya terbentuk semasa kecil ketika dia diperbudak dan dibentuk sebagai petarung di bawah kuasa kekaisaran Turki. Kejayaan dan ketenteraman Transylvania terancam musnah ketika pasukan Turki datang membawa kabar buruk. Mereka meminta Transylvania untuk menyerahkan semua anak laki-laki untuk dibentuk sebagai petarung. Tak mau pemuda-pemuda di wilayah kekuasaannya, termasuk anaknya sendiri, menjadi budak kekejaman Turki, Vlad memutuskan untuk melawan. Sayangnya, pasukan Turki terlalu banyak untuk dilawannya seorang diri. Vlad memutuskan untuk mencari bantuan kegelapan untuk mengatasi masalah ini. Namun, harga yang harus dibayarnya untuk menebus bantuan tersebut sungguh mahal.

Dra_6

###

Setelah sekian lama nonton film vampir modern yang imagenya berubah total dari garang jadi feminin di saga Twilight, akhirnya gue bisa nonton film vampir yang lebih garang dan berwibawa di film ini. Memang Luke Evans gantengnya sampe ke ubun-ubun, tapi tetap aja perawakannya sebagai vampir masih lebih mengundang respek dibandingkan Edward Cullen yang diperankan oleh Robert Pattinson.

Dracula Untold mengisahkan transformasi Vlad dari manusia biasa menjadi vampir. Ini menarik karena pada umumnya banyak yang tidak tahu bagaimana seorang bangsawan bisa berubah menjadi makhluk penghisap darah. Terlebih lagi selama ini sosok Dracula digambarkan buas dan hanya mengintai mangsa untuk digigit lehernya.

Siapa yang terbayang Vlad “merelakan” dirinya menjadi vampir demi menyelamatkan rakyatnya dari cengkeraman pasukan tentara Turki? Bila selama ini sosok vampir lebih banyak keluar di malam hari, Vlad digambarkan berusaha keras untuk tidak tersengat sinar matahari saat dia harus keluar dari istananya di siang hari.

Ada nada bangga dalam tuturan putranya yang menjadi narator cerita di awal film. Ini membuat sosok vampir tampak manusiawi sebagai seorang ayah dan membanggakan sebagai seorang pahlawan. Gue suka dengan penggambaran sosok vampir dalam Dracula Untold ini. Pun istilah Dracula diberi makna di film ini sebagai “berasal dari House of Dracul (sang naga)”. Bila ditelusuri sejarahnya, bangsa Romania mengenal mereka yang berasal dari House of Dracul sebagai golongan bangsawan yang melawan kekaisaran Ottoman Turki.

Dra_4

Inilah yang melatari konflik antara bangsa Romania dan Turki di film ini. Skrip yang ditulis oleh Matt Sazama dan Burk Sharpless tergolong apik dan mengikat perhatian penonton dari awal hingga akhir film ini. Gue pun sangat menikmati visualisasi film ini yang keren dan menyegarkan mata. Juga kostum para aktornya yang dikerjakan dengan sangat baik dan detil.

Dari segi akting, terus terang hanya Luke Evans dan Dominic Cooper yang menonjol. Yang lainnya hanya hadir sebagai penggembira suasana aja. Meski begitu kemunculan Charles Dance sebagai Master Vampire di gua yang didatangi Vlad nggak bisa ditepis begitu aja. Efek makeup dan suara yang menyeramkan membuat penampilannya cukup berkesan.

Secara keseluruhan, Dracula Untold adalah film yang bagus dan layak ditonton. Terutama bagi yang bosan nonton vampir-vampir ganteng bertabur gliter di wajah dan badannya *upss, sori Twilight diehard fans!*

Dra_7

Dracula Untold

Quotes: There is always a price for power (Master Vampire)

 

Use Facebook to Comment

comments

No Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: