[Review] Taare Zameen Par

220px-TaareZameenPar

Taare Zameen Par (2007)

Duration: 164 minutes
Casts: Darsheel Safary, Aamir Khan, Tisca Chopra, Vipin Sharma
Screenplay by: Amole Gupte
Directed by: Aamir Khan, Amole Gupte, Ram Madvhani

Intisari: Kesulitan mengikuti pelajaran di sekolah dan ketidakmampuannya membaca serta menulis membuat Ishaan Nandkishore Awasthi (Darsheel Safary) menjadi bahan cemoohan teman-temannya. Para guru di sekolah pun menilainya bodoh dan menyarankan orangtuanya untuk memindahkan Ishaan ke sekolah untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Tak terima dengan label bodoh yang diberikan kepada anaknya, ayah Ishaan (Vipin Sharma) memindahkannya ke sekolah asrama swasta.

Di sana, keadaan Ishaan malah semakin memburuk karena para guru tetap saja menganggapnya bodoh dan dia kini kesepian karena jauh dari keluarganya. Dunia Ishaan yang semula berwarna seperti lukisan-lukisan miliknya kini menjadi gelap dan suram. Sampai suatu ketika, seorang guru kesenian yang baru, Ram Shankar Nikumbh (Aamir Khan) datang dengan kostum badutnya sambil menyanyi dan menari di kelasnya.

Tar3

# # #

Gue ga inget kapan terakhir kali nonton film India. Rasanya udah cukup lama ya.. terakhir kali gue nonton itu kalau ga salah Slumdog Millionaire beberapa tahun yang lalu. Selebihnya, kebanyakan gue nonton film-film rilisan Hollywood atau film-film Indonesia. Film asing yang gue tonton kebanyakan film Korea dan Thailand aja, sehingga bisa dibilang gue ga punya banyak referensi film asing.

Setelah browsing ke sana ke mari dan menyambangi beberapa daftar rekomendasi film di IMDB, gue memutuskan untuk menonton film India yang satu ini, Taare Zameen Par (Like Stars on Earth). Alasannya adalah karena gue udah lama banget ga nonton drama yang bercerita tentang dunia anak. Lagipula film ini ada Aamir Khan sebagai eye candy yang sedap dipandang selama durasi film yang cukup panjang. Hehehe~

Di luar dugaan gue, Taare Zameen Par bukan sekedar film anak yang menghibur, namun juga memberi makna baru bagi semua orang (khususnya para orang tua ya) tentang arti seorang anak. Selain sebagai titipan Tuhan, anak dilahirkan ke dunia ini bukan untuk dibentuk sebagai robot yang bisa disuruh mengerjakan ini itu, berprestasi sesuai keinginan orang tua dan lain sebagainya. Setiap anak dilahirkan berbeda-beda dan itu yang membuat mereka spesial.

Anak-anak diibaratkan sebagai sekumpulan bintang yang bertaburan memberi cahayanya. Ada bintang yang kecil, ada bintang yang besar. Ada bintang yang cahayanya remang, ada yang cahayanya terang benderang. Tapi bagaimanapun rupa dan kemampuan seorang anak, itu tidak mengurangi keiistimewaannya. Itu yang coba digambarkan melalui tokoh utama film ini, yaitu Ishaan yang menderita dyslexia atau kesulitan mengenali huruf dan angka.

Ada banyak anak yang menderita dyslexia di dunia ini, namun sayangnya sedikit sekali orang tua yang tahu dan terdidik untuk membesarkan sang anak. Banyak anak dyslexia yang disangka bodoh atau keterbelakangan mental, padahal sebetulnya mereka memiliki kecerdasan di atas rata-rata atau bisa melihat hal-hal di sekitar kita dengan cara yang luar biasa.

Tar2

Taare Zameen Par bukan hanya berhasil mengajak penonton untuk merasa simpati pada tokoh Ishaan, tapi juga mengundang semua orang untuk memahami bahwa semua anak di dunia ini terlahir berbeda. Namun perbedaan itu tidak lantas membuat anak kalah istimewa dibanding anak-anak lainnya. Karenanya tidak perlu membanding-bandingkan mereka, apalagi mendiskreditkan mereka karena perbedaan tersebut. Selain potret anak dyslexia, Khan yang terlibat dalam penyutradaraan film ini juga menyuguhkan potret kehidupan anak-anak yang membutuhkan perhatian lebih, seperti anak-anak penyandang disabilitas dan anak-anak buruh yang terpaksa bekerja karena hidup di bawah garis kemiskinan.

Tar4

Potret tersebut dibalut dengan musik latar yang menyentuh hati, sehingga meskipun tanpa adanya dialog penonton tetap bisa menangkap pesan yang disuguhkan. Khan mengerjakan tugasnya dengan baik sebagai seorang aktor maupun salah satu sutradara dalam film ini. Duet penampilannya dengan Safary sangat menghibur dan membangkitkan semangat bagi siapapun yang menonton film ini.

Secara keseluruhan, Taare Zameen Par adalah film yang sangat gue rekomendasikan untuk ditonton oleh semua orang, terutama oleh para guru dan orang tua. Jangan lupa sedia tissue ya sebelum nonton film ini, karena ada beberapa adegan yang bikin hati meleleh.

Tar8

Tar7

Adegan favorit: Kompilasi interaksi antara Khan dengan anak-anak yang ditemuinya di sejumlah tempat. Iringan soundtrack “Taare Zameen Par” dalam adegan tanpa dialog ini dijamin bikin mata penonton berkaca-kaca.

Quotes: There are various diamonds that have been born in this world, who have changed the map of this whole world … because they were able to see this world from a different angle. (Ram Shankar Nikumbh)

Use Facebook to Comment

comments

1 Comment

  • Avant Garde May 19, 2015 at 1:01 am

    baru nonton film tadi malem dari jam 12 sampe mau jam 3, dan saya nangis …… makasih reviewnya mba, slm kenal 😉

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: